5 TIPS TERNAK DOMBA TEXEL UNTUK PEMASARAN - Jombang

Domba Texel merupakan jenis domba pedaging yang khas dibudidayakan di Indonesia. Jika tidak sedang bermain, berat Texel dewasa bisa mencapai 100 kilogram per ekor. Jika betina tidak dalam keadaan hamil, berat badannya bisa mencapai 90 kg. Oleh karena itu, tidak diragukan lagi bahwa Texel adalah domba potong yang terkenal.

 

Texel berasal dari Pulau Texel Belanda Namun sejak tahun 1960, Texel sempat berkembang di Indonesia. Domba yang satu ini juga dikenal dengan nama lokal seperti Dombos (Domba Wonosobo).

 

Nama tersebut dipilih karena 500 Texel mampu menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan setelah mereka masuk ke Indonesia pada era 50-an. Memang sampai saat ini Wonosobo telah menjadi titik sentral texel sebagai domba potong kelas internasional.

 

Banyak peternakan menawarkan benih domba Texel atas nama individu maupun mitra ternak lainnya. Dengan struktur masif seperti ini, perkembangan trah Texel akan semakin cepat di tahun-tahun mendatang.

 

Kabar baiknya, Texel tidak hanya memanfaatkan dagingnya saja. Permintaan pasar akan produk yang berasal dari domba jenis ini tidak hanya daging, tetapi juga persilangan dan wol. Dengan demikian, pemasaran Texel sangat luas dan dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi yang maksimal.

 

Cara dan Tips Texel Sheep Terbukti Sukses

 

Padahal, ada banyak elemen penting yang perlu Anda terapkan di peternakan Anda untuk memastikan budidaya Texel yang produktif. Ada lima elemen utama yang harus Anda kembangkan lagi. Ketika memilih breeder Texel breeder yang memilih breeder harus memperhatikan kualitas genetik dan fisik dari breed mereka. Secara mendalam disini kami akan membahas bagaimana cara beternak domba Texel, termasuk proses budidayanya hingga sukses dalam pemasarannya.

 

1. Pemilihan Peternak untuk Peternakan

Sebagai dasar pendirian peternakan, pastikan memiliki domba Super Texel yang berkualitas baik. Alasannya karena induk inilah yang menentukan anakan berikutnya di F1, F2, F3, dan seterusnya. Oleh karena itu, pemilihan indukan harus diperhatikan secara selektif.

 

Ciri-ciri breeder super texel adalah sebagai berikut :

 

A) memiliki tubuh yang besar dan simetris di sisi kiri dan kanan.

b) Selaput mata tidak pucat. Warna matanya jernih dan bening.

c) Badan berisi, tetapi tidak terlalu gemuk. Domba yang kelebihan berat badan atau menggumpal biasanya memiliki masalah genetik.

d) Tidak cacat fisik, pada ciri-ciri fisik induk Texel ini dapat diamati secara kasat mata. Seperti misalnya tidak pincang atau buta, tapi tidak bisu, dsb.

e) Kelenjar hidung lembab (tidak terlalu encer dan tentunya tidak kering).

f) Untuk domba Texel jantan bentuk testis normal. Tonjolan pada tulang kaki lebih besar atau lebih terlihat saat kita menekannya.

g) Texel betina ambingnya normal dan besar, jumlah putingnya banyak, serta aktif (hal ini penting agar keturunannya juga sehat).

H) Umur indukan paling sedikit satu tahun. Sehingga faktor fisik maupun psikis berada pada tempat yang tepat untuk memberikan keturunan yang terbaik.

 

Secara umum, saat mencari indukan jantan dan betina, dimungkinkan untuk berkonsultasi secara pribadi dengan peternak. Pilih vendor dalam organisasi seperti peternakan yang profesional, ramah, dan memberikan layanan berkualitas tinggi.

 

2. Faktor Kandang Harus Nyaman

Kandang domba harus nyaman agar tidak berdampak negatif pada aspek psikologis hewan. Tidak jarang peternak mengabaikan nilai kandang, padahal kandang merupakan faktor penting yang memiliki peran sangat vital bagi kemajuan ternak domba.

 

Kandang yang dirancang untuk memberi makan domba yang berumur kurang dari 9 bulan dapat dimasukkan ke dalam kandang kolektif. Kandang bisa berisi antara 5-10 burung tergantung ukuran kandang.

 

Saat mereka tumbuh dewasa, Anda dapat memindahkannya ke kandang domba yang terpisah. Penting untuk memastikan bahwa domba tetap bergerak atau berputar, tidur dan hal-hal lain seperti itu. Intinya, aplikasi dalam hal panggung, atau sangkar tanah harus memperhatikan faktor ini.

 

Ciri-ciri kandang yang sehat dan nyaman adalah:

 

a) A) Kandang sudah dibersihkan, tidak ada yang menumpuk selama bertahun-tahun.

b) Bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup namun bukan berarti kandang di ruang tertutup tertutup untuk mencegah masuknya sinar matahari.

c) Tempat teduh, tetapi tidak panas, meskipun membutuhkan sinar matahari untuk masuk, tetapi pastikan suhunya tidak terlalu panas, agar domba merasa nyaman.

D) Tempat rumah harus berjarak 5m dari tempat tinggal.

 

Saat membangun kandang untuk domba, perhatikan jarak yang dibutuhkan antara pagar dan juga permukaan. Jarak paling umum yang dibutuhkan adalah sekitar 70 sentimeter. Atap samping lebih tinggi dari atap belakang sehingga hujan dan embun turun dengan lancar.

 

3. Persilangan dengan Domba Fullblood

Jika yang betina adalah Texel Lalu yo Anda bisa mengawinkan domba fullblood untuk membesarkan anak ayam yang berkualitas super. Inilah yang terjadi, misalnya, dengan domba Dorper, yang dikenal memiliki daging yang luar biasa.

 

Metode persilangan atau persilangan domba ini, merupakan faktor kunci dalam mempertahankan atau meningkatkan kualitas genetik dari breed-breed tersebut. Peternakan dapat menyelidiki breed lain yang unggul dalam produksi daging atau untuk menargetkan keuntungan genetik tertentu.

 

Di pasaran, Domba Texel yang sedang bunting dan memiliki domba Dorper fullblood ditawarkan dengan harga tertinggi. Seringkali, setelah kelahiran pertama, anak domba dapat menghasilkan 1 anak, sedangkan pada kelahiran kedua, dan setelahnya, mungkin melebihi itu.

 

Apa yang akan Anda dapatkan jika Anda berhasil dalam persilangan ini?

 

a) Temukan persilangan yang memiliki pertumbuhan cepat. Dengan perawatan rutin (tidak dimodifikasi secara genetik seperti ayam pedaging), peternakan yang Anda operasikan memiliki potensi untuk memanen lebih banyak domba dalam waktu yang lebih singkat.

b) Peningkatan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Jika domba Texel memiliki kecenderungan untuk sakit, pertumbuhannya pasti akan terpengaruh. Namun peternak harus membayar lebih dekat untuk itu.

C) Daging berkualitas baik tanpa lemak. Daging jenis ini menjadi incaran pasar dari luar negeri.

 

4. Pemilihan Pakan yang Tepat

Menjadi domba pedaging, Anda harus memperhatikan makanan Texel. Pastikan pakan tersebut mengandung kandungan serat yang cukup, terutama serat dari pakan alami seperti rumput. Saat Anda memelihara domba di kandang komunal, Anda dapat menggunakan pakan konsentrat khusus untuk domba.

 

Beberapa saran umpan yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan tingkat pertumbuhan Texel antara lain sebagai berikut:

 

a) Hijauan yang dapat Anda berikan kepada domba Anda dalam proporsi 10% dari berat totalnya. Frekuensi pemberian pakan tergantung dari rutinitas peternak sendiri umumnya 2 kali per hari.

B) Makanan fortifikasi khusus yang diperuntukkan bagi indukan laktasi, jantan siap kawin, domba, hingga domba yang sedang bertambah berat badannya. Pakan fortifikasi terdiri dari dedak jagung atau dedak padi, bungkil kelapa, kacang-kacangan, dan sebagainya.

C) Garam dan suplemen khusus untuk domba potong untuk menyediakan mineral bagi pertumbuhannya.

 

Pakan fermentasi bisa menjadi salah satu alternatif untuk menurunkan harga produksi pakan domba. Namun, dalam memfermentasi pakan, Anda harus membiasakan diri dengan domba terlebih dahulu. Perubahan tiba-tiba dari pakan utama ke pakan fermentasi justru dapat menyebabkan domba tidak mau mengkonsumsi.

 

5. Penjualan Produk Peternakan (Daging dan Domba)

Penjualan domba Texel dapat berupa hasil produksinya untuk diambil dagingnya atau penjualan bibit yang telah dipelihara. Metode penjualan yang tepat meningkatkan persentase produk yang terjual. Dengan demikian, akan ada aliran ekonomi di peternakan yang menghasilkan keuntungan ekonomi bagi peternak.

 

Artikel berikut menawarkan pedoman untuk menjual domba yang ingin menghasilkan uang dalam bisnis Anda.

 

a) Pemasaran domba di pasar hewan. Metode ini dalam menjual domba paling umum digunakan dan tradisional. Anda akan mendapatkan pembeli secara langsung dalam beberapa detik. Jangkauannya juga terbatas pada mereka yang bertempat tinggal di satu wilayah.

 

B) Mendistribusikan brosur iklan secara offline. Dimungkinkan untuk menggunakan Texel sebagai daging domba yang biasa digunakan sebagai hewan kurban. Oleh karena itu, tempat yang tepat untuk memasarkan ide ini adalah dengan membagikan brosur di masjid, restoran, atau lokasi publik lainnya.

 

C) Memanfaatkan media sosial dan aplikasi perpesanan. Media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jangkauan hubungan dalam pemasaran Texel untuk domba. Dimungkinkan untuk mempromosikan pertanian dan peternakan melalui saluran media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, Twitter, TikTok, dan YouTube.

 

d) Pemasangan produk peternakan di marketplace dan website. Ini adalah metode baru yang kemungkinan besar akan berhasil dalam waktu dekat. Karena website dan marketplace tidak terpengaruh oleh waktu. Faktanya, semakin tua usia Anda, semakin penting Anda menerima dari mesin pencari.

 

Jual Domba Texel Kepada Mitra Yang Tepat

 

Saat ini banyak yang mencari domba texel, dewasa, dan ibu hamil. Selain beriklan melalui berbagai saluran yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, Anda juga bisa bekerja sama sebagai bagian dari peternakan lain seperti GibasBarokah.com.

 

Ini adalah bagaimana Anda menciptakan simbiosis yang saling positif. Sebagai pemilik, Andalah yang menentukan berapa harga pasar yang pantas untuk produk ternak Anda dari domba Anda. Tentu saja harga harus adil, dengan mempertimbangkan aspek genetik dan fisik dari domba itu sendiri.

 

Jika sehat dan memiliki kualitas yang baik, maka Anda bisa mendapatkan harga yang wajar. Jika kondisinya tidak bagus dan bahkan jika ras berikutnya sangat rumit, dan harganya mungkin di bawah pasar umum.

 

Oleh karena itu, meningkatkan kualitas dan efisiensi seluruh hewan di peternakan sangat penting. Ini akan menentukan harga jual di masa depan. Untuk meningkatkan kualitas produk dan kualitas ternak anda, anda bisa kawin silang seperti above dengan hewan fullblood yang telah terbukti memiliki standar tertinggi.

 

Membawa domba fullblood adalah aset investasi. Seekor domba jantan mampu kawin antara 25 dan 25 wanita. Sisi genetik domba jantan yang menentukan berapa banyak domba jantan yang diproduksi di dalam peternakan apakah hasil meningkat atau tidak.

 

Berikut beberapa ide beternak domba Texel untuk menghasilkan daging yang bervariasi yang banyak dicari di Indonesia. Harga jual beli yang relatif stabil membuat para peternak tidak gentar untuk mengembangbiakkan domba jenis ini. Salam sukses untuk semua peternakan di seluruh Indonesia!

 

#dombatexel #texel #hargadombatexel #texelwonosobo #texeljantan #dombos #dormas #jualtexel

Comments

Popular posts from this blog

Inovasi Terkini untuk Konstruksi yang Berkualitas Tinggi

Kreasi Rumah Kecil Type 36

8 Makanan Tinggi Kalori Untuk Anak